Breaking News
Home / Berita / Pekan Pancasila, Ingatkan Kembali Makna Pancasila

Pekan Pancasila, Ingatkan Kembali Makna Pancasila

Upacara-KemenkeuGambar: kemenkeu.go.id

Jakarta, 02/06/2017 Kemenkeu – Tahun ini, Indonesia untuk pertama kalinya menyelenggarakan peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni. Bukan hanya satu hari, peringatan ini diadakan dalam bentuk Pekan Pancasila dari tanggal 29 Mei s.d. 4 Juni 2017. Berbagai kegiatan digelar secara terintegrasi dipayungi satu tema besar, yakni “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. 

Tema tersebut merupakan bentuk ekspresi bersama yang dibawakan dengan cara personal. Mengingatkan kembali bahwa Pancasila tidak hanya sebagai Dasar Negara, tetapi juga jati diri bangsa. Sila-silanya menyatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia. Semua kata yang terkandung di dalamnya merupakan intisari jiwa masyarakat kita.

Dikutip dari rilis resmi Asisten Deputi (Asdep) Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para menteri kabinet kerja menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kementerian Luar Negeri pada Kamis (01/06). Kegiatan ini juga turut dihadiri berbagai elemen masyarakat dan Pancasila kembali digaungkan untuk menjadi falsafah yang bisa dipelajari oleh dunia.

Selain itu, guna mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara. Oleh karena itu, pada tanggal 19 Mei 2017 lalu, Presiden menetapkan Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Unit akan terdiri atas dua Dewan, yakni Dewan Pengarah dan Dewan Pelaksana. Dewan Pengarah terdiri dari berbagai elemen seperti Tokoh Kenegaraan, Tokoh Agama dan Masyarakat, Tokoh Purnawirawan TNI/ Polri,  Pensiunan PNS, dan Akademisi. Kegiatan Pekan Pancasila ini juga disebarluaskan melalui media sosial dengan tagar  #PekanPancasila dan #SayaPancasila. (nr/rsa) –kemenkeu.go.id

Check Also

penghargaan satker2

KPPN Serang beri penghargaan Satker berkinerja unggul

Foto : Sriyoga YP kppnserang.com (14-09-2017) Memasuki bulan September ternyata sudah harus menyiapkan langkah-langkah pelaksanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *