Breaking News
Home / Aplikasi / SAS / Update Aplikasi SAS 17.0.2 (Modul Silabi Pembukuan Bendahara Pengeluaran)

Update Aplikasi SAS 17.0.2 (Modul Silabi Pembukuan Bendahara Pengeluaran)

Download Update SAS 17.0.2 di sini

atau mirror link berikut

Download Update SAS 17.0.2 di sini

JANGAN LUPA MELAKUKAN BACKUP WAJIB BACA PETUNJUK

* Update SAS 17.0.2
  – Perbaikan Modul Silabi Pengeluaran

  • Setelah merekam user Bendahara pengeluaran lakukan update referensi melalui menu utility, baru menggunakan menu yang lainnya.

 

Download Per-31/PB/2016 Peraturan Tentang Pembayaran PPNPN di sini

Check Also

7a

Langkah-Langkah Mengambil ADK SP2D Dari Aplikasi OMSPAN

Step 1 | Login Ke Aplikasi OMSPAN   Step 2 | Klik Tombol Menu Pada Pojok …

52 comments

  1. bikin user silabi, muncul keterangan belum rekam referensi bpp, referensi bpp di isi apa? uraiannya d isi apa?

  2. Untuk update 16.0.3 belum bisa merekam supplier pada kompensasi utang pajak? Apakah ada solusi ?

  3. Belum bisa Input Kuitansi ketika Mau rekam eror

  4. Tanya,
    di SILABI, pada saat cetak LPJ, di preview laporan saldo rekening-kolom tanggal transaksi terakhir terbaca NULL, sedangkan pada saat isi buat BA sudah terekam tanggal transaksi terakhir tanggal 20-01-2016, solusinya??

    • Pastikan satker sudah menggunakan versi terbaru, SAS 16.0.3. Ketika merekam berita acara pastikan mengisi saldo rekening meskipun Rp 0,-dengan cara klik kotak titik tiga pada baris saldo rekeing lalu isi tanggal terakhir rekening koran bulan tersebut. Good Luck

  5. Pada aplikasi SAS 2016 16.0.3 tidak bisa mengirim LPJ bulan januari 2016, tertera data yang tidak valid. Apakah harus di update lagi utk versi terbru lagi atau bagaimana?? Terima Kasih

  6. Jika posting gagal pada sas 16.03 untuk bendahara penerima pesan nya seperti ini, Connectivity error;(MySQL)(ODBC 5.1
    Driver(mysqld-5.151-community)Column count doesn’i match value count at row 1
    terima kasih atas penjelasannya

  7. untuk nyetak LPJ pada aplikasi silabi 16.3 setelah nyetak LPJ perincian rekening satker tidak biasa di lihat langsung menghilang, tolong infonya

    • Pastikan merekam referensi rekening bendahara dengan benar, kode bpp diisi 000. Ketika merekam berita acara pastikan mengisi tanggal rekening koran pada tombol saldo rekening. untuk bulan yang belum ada transaksi sementara cetakan daftar saldo rekening lampiran LPJ belum bisa dicetak, menunggu update. Good Luck

  8. Pada saat saya mau rekam Berita Acara kenapa muncul kolom Penjelasan Kas dan Penjelasan UP?
    Terus kalau saya mau kosongi saja / tidak di isi tdk bisa disimpan ? Apakah harus diisi?
    Teima kasih.

    • 1. Penjelasan kas muncul karena ada selisih saldo antara BP Kas (tunai dan bank) hasil pembukuan dengan saldo uang di brangkas di tambah saldo rekening, maka bendahar agar mencantumkan penjelasan selisih tersebut misalnya “tidak ada uang pecahan” (karena saldo BP Kas tunai pembukuan Rp 76 sedangkan saldo brangkas Rp 100, karena tidak mungkin ada uang receh Rp 76) sedangkan BP Bank dan saldo rekening pada dasarnya tidak mungkin selisih. 2) Penjelsan UP muncul karena ada selisih antara BP UP ditambah Kuitansi yang belum di GU-kan dengan saldo UP UAKPA, seharusnya SAMA, kalo tidak sama berarti ada kesalahan pembukuan.

      • sm kasus nya tp pembukuan sudah benar tp masih ad selisih NYA, yang Kuitansi yang belum di GU-kan

        • @ Pak SOMADI: Jika aplikasi telah diupdate sampai versi terbaru maka, lakukan hapus berita acara dari Januari, posting ulang pilih parameter tanggal dari 01-01-2016 s.d hari ini, rekam ulang berita acara.

  9. syamsudin rumakey

    posting pada sas silabi muncul ‘belum dilakukan update referensi pada utility” pada saat dilakukan update referensi muncul lagi sql error : perekaman data rekening belum dilakukan.. sudah berulang kali dillakukan perekaman rekening.. jika yang dimaksud adalah rekening bendahara…bagaimana solusinya. terima kasih.

    • Perlu diketahui bahwa untuk perekaman rekening bendahara adalah melalui menu referensi –>rekening bendahara–> KODE BPP diisi “000”, terus waktu melakukan update referensi ketika muncul sql error dapat ditekan “no” lalu lanjutkan sampai tekan tombol “update”. Good luck

  10. Tanya dikit.
    Di BP Pajak kok nihil, padahal di kwitansi / RUH pajak sudah terisi (SAS 16.0.4). trims.

  11. Mohon bagaimana cara memperbaiki, tanggal dipa yang di aplikasi sas berubah, karena salah mengisi pada saat revisi pok. tks

    • transfer ulang adk POK tersebut jangan lupa input tanggal dengan benar, namun cara ini tidak dapat dilakukan jika sudah dilakukan transfer revisi DIPA berikutnya. jika sudah terlanjur ditransfer rebvisi DIPA lagi dapat meminta bantuan CSO KPPN Setempat.

  12. Kenapa saat d posting, di pembukuaan (BKU, dll) malah selisih minus setelah d cek pada transaksi SPM GUP angka nominalnya hilang sehingga menyebabkan minus saldo. Kalau tidak d posting dr bulan januari ada perbedaan pada kuitansi UP yang belum di-SPM-GU-kan. Mohon solusinya (saya menggunakan SAS Versi 16.0.4)

    • pada BKU terdapat transaksi SPM GU yang tidak muncul nominal debetnya sehingga saldo BKU bisa minus. sebab terjadi perubahan data SPM GU dimaksud, mungkin diubah nomor SP2D nya atau diubah data-data pendukung SPM GU tersebut misalnya kuitansi-kuitansinya. atau pencatatan nomor SP2D atas SPM GU tersebut hilang/terbatal. SOLUSI: ulangi transaksi SPM GU tersebut, posting lengkap dan lihat/analisa hasilnya.

  13. mau tanya cara update sas yg baru gmn ya…mohon infonya

    • di dalam file update yang di download sudah ada petunjuk update nya, silahkan dibuka dan diikuti. jangan lupa melakukan backup sebelum mengupdate. good luck

  14. Bagaimana solusinya bila SP2D/SPM LS pihak ke 3 terbit di Spanint tanggal 18 Juli 2016 tapi tidak terbukukan di Silabi karena masalah jaringan internet yang buruk jadi lupa membukukan. Yang mau saya tanyakan apakah boleh SP2D/SPM LS pihak ke 3 tersebut di bukukan pada bulan Agustus 2016 dengan ketentuan tanggal terbit SP2Dnya tanggal 18 Juli 2016 ?

  15. Untuk Pegawai PPNPN dapatkah diberikan Uang Lembur dan Uang Makan Lembur sebagaimana PMK No. 65/PMK.02/2015 Tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2016, dan Apakah itu bisa diambil dari Akun Belanja 512211 (Belanja Uang Lembur)?
    Terimakasih.

  16. Mau nanya mas admin, Kalau suplier nya pakai rek bendahara ada pake surat tambahan atau tidak? Sejenis penjelasan kenapa tidak dibayarkan ke rek ppnpn nya mgkn?
    satu lagi, kalau selama ini iuran bpjs dibayarkan secara mandiri oleh ppnpn nya, dan sekarang akan dipotong melalui aplikasi, bagaimana perlakuannya? bisa tidak tetap dibayarkan saja secara mandiri oleh ppnpn nya?
    Terima kasih

    • jika SPM LS honor PPNPN masih masuk ke rekening bendahara sampai saat ini tidak perlu lampiran surat tambahan dimaksud. bagi ppnpn yang sudah melakukan penyetoran selama ini secara mandiri, mulai sekarang dipotong pada honornya di SPM, pembayaran iuran mandiri dapat dihentikan dan segera mengurus ke BPJS untuk penyesuaian jenis keanggotaan BPJS nya menjadi dari jenis PPNPN. Good luck

  17. Mau nanya. Kenapa pada saat mau input data PPNPN aplikasinya menolak “Tidak ada data pagu PPNPN pada satker….” ?? Saya sudah coba memasukkan di Menu SAS Admin, di menu pembagian pagu dan sudah diisi dengan 01 sesuai data perekamannya. Tapi tidak bisa juga.
    Mohon solusi nya. Trims.

  18. Mau Naya Mas, Bagaimana menginstal aplikasi sas 2016 di Mac os, saya sudah menggunakan wine bottler tetapi juga tidak bisa, Mohon Petunjuknya Mas admin, Terima Kasih

  19. tanya pa. kenapa di BKU saya tertulis saldo min..tetapi di BAR tidak ada masalah sesuai dengan yang di transaksikan. SAS 16.08. mohon infonya.

    • Pastikan psoting lengkap dahulu, cek BKU bulan yang minus, telusuri. Biasanya ada transaksi SPM (GUP/LS Bendahara) yang tidak muncul nilai debet dan kreditnya. Solausinya ulangi transaksi yang bermasalah itu.

  20. Saya mau tanya : Pada Aplikasi SAS 2017 update terakhir 2017.0.1 belum ada menu Bendahara Pengeluaran, sedangankan kegiatan transaksi UP dan LS Bendahara pengeluaran sudah ada, bagaimana caranya, supaya pembukuan Bendahara bisa berjalan sebagaimana biasa ? mohon petunjuk terima kasih

  21. Selamat Pagi……!!!
    Pak untuk user SILABI di aplikasi SAS 2017 belum bisa terekam SOLUSInya Bagaimana dong pak…..??
    Masalahnya UP yang diminta sudah habis mau dibuatkan GUP Isi Tapi tidak bisa terekam
    TOLONG DIBANTU YA PAK….:))

    Terima Kasih Sebelumnya….

  22. Siang Mas, mau tanya nih. saya sudah Update SAS 16.0.9 tapi seperrtinya gagal. karena setiap mau Restore atau Backup selalu muncul pernyataan “Ada File yang Hilang yang dibutuhkan untuk proses Restore, silahkan jalankan File Update_Reverensi_SAS_16.0.9.exe yang ada difolder C:\AplikasiSAS2016”
    dan sudah saya ikuti anjuran itu, namun masih juga tidak bisa. dengan jawaban yang sama. apakah yang harus saya lakukan Pak? bagaimana cara memperbaikinya, soalnya mau balik lagi ke 16.0.8 juga tidak bisa.

    Terimakasih sebelumnya.

    Nurwahid

    • silahkan lakukan update ulang. dengan melakukan ekstrak file download. jika tetap tidak bisa. silahkan melakukan copy data file: “mysqldump” dari folder C:\DBSAS17\bin, pada aplikasi yang bisa melakukan backup untuk dipaste di tempat yang sama pada aplikasi yang tidak bisa melakukan back up. selamat mencoba

  23. Mau tanya min..di SAS 2017 dan updatenya belum ada menu untuk bendahara pengeluarannya ya? Karena ketika masuk ke admin -> referensi I -> user -> rekam (bagian menu tidak ada pilihan Bendahara Pengeluaran)

    Mohon informasinya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *