Breaking News
Home / Peraturan / Surat / S-1311/PB.6/2016 Metode penilaian Persediaan dalam rangka penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual

S-1311/PB.6/2016 Metode penilaian Persediaan dalam rangka penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual

Sesuai dengan paragraf 17 Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (PSAP) Nomor 05 tentang Akuntansi Persediaan, diatur bahwa persediaan dapat dinilai dengan menggunakan:

  1. Metode sistematis seperti FIFO atau rata-rata tertimbang
  2. Harga pembelian terakhir apabila setiap unit persediaan nilainya tidak material dan bermacam-macam

Pada Lampiran VI PMK 219/PMK.05/2013 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Pusat mengatur bahwa persediaan dapat dinilai dengan menggunakan metode FIFO atau harga perolehan terakhir.

Berdasarkan ketentuan di atas, dalam rangka penerapan SAP berbasis akrual, ditetapkan terhadap seluruh satuan kerja pada Kementerian Negara/Lembaga (K/L) untuk menggunakan metode harga perolehan terakhir dalam penilaian semua jenis persediaan. Metode harga perolehan terakhir ini telah diakomodasi oleh Aplikasi Persediaan yang digunakan dalam penyusunan Laporan Keuangan Negara/Lembaga (LKKL). Penggunaan metode harga perolehan terakhir dalam penilaian semua jenis persediaan ini diterapkan mulai tahun 2015 sampai dengan terdapat ketentuan lebih lanjut.

Download S-1311/PB.6/2016 di sini

Baca Postingan terkait:

Check Also

S-294/WPB.11/KP.0150/2017 Hasil Evaluasi Pelaksanaan Bimtek Aplikasi TAHAP 1

Yth. KPA/Kepala Satuan Kerja Mitra kerja KPPN Serang Terlampir Di tempat Sehubungan dengan surat kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *