Breaking News
Home / Berita / KPPN Serang Sosialisasikan Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2017

KPPN Serang Sosialisasikan Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2017

LLST KPPN SERANG

Foto: Budi W

kppnserang.com (22-03-2017) Sebagai langkah awal perbaikan perencanaan dan pelaksanaan anggaran Ditjen Perbendaharaan menggelontorkan empat kebijakan tentang langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran. Kebijakan tersebut pada hakikatnya merupakan penegasan pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 di mana fokus utama permasalahan yang harus diperbaiki adalah tentang pengajuan data kontrak, penyelesaian tagihan, pengelolaan UP/TUP serta diperlukan pemantauan realisasi atas perencanaan kegiatan dan perbaikannya jika terjadi ketidaksesuaian.

KPPN Serang menggelar sosialisasi kepada mitra kerja pada hari Rabu, 22 Maret 2017 bertempat di aula KPPN Serang.  Ada beberapa ketentuan baru dalam proses pengajuan data ke KPPN dimana salah satu tujuannya ketentuan baru tersebut adalah agar satuan kerja mentaati norma waktu yang telah ditentukan dalam pengajuan data dan memperbaiki perencanaan kegiatan serta konsisten dalam membuat rencana kegiatan.

Satker diwajibkan menyampaikan data kontrak paling lambat lima hari kerja setelah kontrak di tanda tangan. Untuk tagihan pencairan, satker wajib mengajukan tagihan paling lambat 17 hari kerja setelah timbulnya hak tagih kepada negara. Batasan waktu ini pada dasarnya sudah diatur dalam peraturan sebelumnya hanya saja dipertegas dalam langkah-langkah strategis tahun ini.  Langkah-langkah ini sejalan dengan program presiden di bidang perekonomian yaitu percepatan belanja pemerintah.

Di bidang perencanaan harus dilakukan reviu perencanaan kegiatan, realisasi dan capaian output, di mana reviu ini akan menjadi bahan evaluasi pelaksanaan anggaran secara triwulanan. Dari sini satker harus lebih memperhatikan perencanaan dengan lebih baik dan tidak asal membuat perencanaan kegiatan. Sedangkan untuk pengelolaan UP/TUP satker diharapkan dapat melakukan revolving minimal satu bulan sekali atas UP yang dikelolanya. Untuk TUP satker diharapkan dapat mentaati rencana penggunaan dana TUP yang telah diajukan sebelumnya. (smd)

Check Also

penghargaan satker2

KPPN Serang beri penghargaan Satker berkinerja unggul

Foto : Sriyoga YP kppnserang.com (14-09-2017) Memasuki bulan September ternyata sudah harus menyiapkan langkah-langkah pelaksanaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *