Breaking News
Home / Berita / Rekon Tingkat Wilayah tidak Diperlukan Lagi

Rekon Tingkat Wilayah tidak Diperlukan Lagi

Bimtek E-Rekon

kppnserang.com (22-06-2016) –  Proses rekonsiliasi laporan berbasis web telah diluncurkan dengan nama E-Rekon-LK. Dengan peluncuran proses bisnis rekon yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan akurasi serta efisiensi waktu penyusunan Laporan keuangan satuan kerja. Pasalnya dengan proses bisnis yang baru ini rekonsiliasi laporan tingkat wilayah tidak  diperlukan lagi. Namun ada hal yang perlu digaris bawahi, yaitu setiap satuan kerja wajib menyampaikan data rekonsiliasi secara tepat waktu agar pengelola laporan di tingkat vertikal yang lebih tinggi dapat membaca laporan secara lengkap. Kelalaian pelaksanaan rekonsiliasi laporan di tingkat satuan kerja menyebabkan laporan di tingkat atasnya tidak valid.

Sejak dimulainya proses rekonsiliasi dengan E-rekon-LK mungkin masih terdapat banyak kendala yang cukup banyak. Seperti konektivitas jaringan internet lamban, server crowded dan pemahaman petugas SAIBA akan penggunaan aplikasi E-Rekon. Untuk itu KPPN secara intensif mengadakan bimbingan teknis penggunaan aplikasi E-Rekon-LK untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Rekonsiliasi laporan. Apalagi proses rekonsiliasi telah tertunda selama lima bulan. Saat ini adalah waktu yang sangat kritis mengingat semester satu tahun 2016 segera berakhir dan Kementerian Negara/Lembaga harus menyusun Laporan Keuangan semesteran.

Selain pemahaman akan proses E-Rekon-LK, petugas SAIBA perlu memahami akuntansi berbasis akrual. Dengan pemahaman yang baik akan sistem akuntansi berbasis akrual, diharapkan Laporan keuangan yang benar-benar akurat dapat segera disusun. (smd)

E-REKON

Check Also

Santuni Anak Yatim

Mengisi Hari Bakti Perbendaharaan 2017, KPPN Serang Santuni Anak Yatim di lingkungan Kantor

Foto: Gesti kppnserang.com (25-01-2017) Melengkapi serangkaian kegiatan sosial, KPPN Serang santuni anak yatim di sekitar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *