Breaking News
Home / Berita / Hari Bakti Perbendaharaan, Ciptakan inovasi untuk Simplikasi dan Efisiensi

Hari Bakti Perbendaharaan, Ciptakan inovasi untuk Simplikasi dan Efisiensi

Hari Bakti Perbendaharaan 2017Foto: Widhi P

kppnserang.com (16-01-2017) KPPN Serang mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka hari Bakti Perbendaharaan 2017 dengan melibatkan seluruh pegawai dan mengundang perwakilan Satker/SKPD. Kegiatan FGD kali ini mengambil latar di KPPN Serang dan juga Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten. Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Bapak Sudirman dan dilanjutkan dengan diskusi masalah isu teknis dan kebijakan perbendaharaan serta tayangan video Capaian prestasi DJPBN. Selain itu satker/SKPD diajak untuk melihat langsung proses layanan khususnya proses pencairan anggaran melalui SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) beserta inovasi layanan yang diterapkan di KPPN Serang.

Sejak implementasi SPAN, proses pencairan anggaran menjadi mudah dan sederhana serta modern, karena satker dapat langsung memonitor proses penyelesaian tagihan melalui aplikasi OMSPAN. Setiap satker diberikan user aplikasi OMSPAN untuk dapat memonitor pengajuan data supplier, kontrak dan tagihan. Selain itu dengan diterapkannya SPAN, SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) tidak dilakukan pencetakan lagi namun cukup dipantau secara online.

Hari Bakti Perbendaharaan 2017 KPPN SerangDi bidang pelaporan keuangan Ditjen Perbendaharaan juga telah melaunching layanan rekonsiliasi Laporan Keuangan secara online dan mandiri melalui aplikasi e-rekon-lk. Aplikasi yang baru dimulai tahun 2016 ini sangat mempermudah satuan kerja dalam melaksanakan rekonsiliasi Laporan Keuangan, pasalnya satker dapat melakukan upload data rekon sekaligus menganalisa hasil rekon tanpa perlu datang ke loket layanan di KPPN. Satker dapat menyelesaikan permasalahan rekonsiliasi secara mandiri setelah memahami hasil analisa dan langsung mengupload ulang perbaikan datanya. Jika data sudah benar maka hasil laporan keuangan dapat diteruskan untuk dikirim ke unit akuntansi yang lainnya.

Sesuai dengan tema yang diusung “Meningkatkan Peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai Katalisator Modernisasi dan Reformasi Birokrasi” dengan mengusung taglineCiptakan inovasi untuk Simplikasi dan Efisiensi”, Hari Bakti Perbendaharaan 2017 diselenggarakan dalam rangka memahamkan proses-proses perkembangan terjadi di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang selaras dengan tema tersebut. (smd)

see gallery photo on facebook

Check Also

orner day 2017

Corner Day KPPN Serang 2017

Best free WordPress theme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *