Breaking News
Home / Berita / Perbendaharaan Menyapa, KPPN Serang Kenalkan APBN Kepada Siswa SMK 1 Pandeglang

Perbendaharaan Menyapa, KPPN Serang Kenalkan APBN Kepada Siswa SMK 1 Pandeglang

Perbendaharaan menyapaFoto: A. Sauqi

Kppnserang.com (30-01-2017) Lanjutkan rangkaian kegiatan dalam rangka refleksi Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017, KPPN Serang sambangi SMK 1 Pandeglang. Kegiatan yang bertemakan “Perbendaharaan Menyapa” ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat khususnya siswa generasi muda tentang APBN dan sebagai wujud transparansi pengelolaan APBN.

Perbendaharaan menyapa 2Sebelum tim KPPN memberikan ilustrasi APBN 2017, diadakan quiz” seandainya aku menjadi Menteri keuangan”. Tim KPPN memilih tiga siswa untuk memberikan buah pemikirannya jika dia menjadi seorang Menteri Keuangan. Walaupun belum diterangkan tentang tugas Kementerian Keuangan namun siswa yang ditunjuk cukup memahami tugas utama Menteri Keuangan. Kepada siswa yang memiliki ide yang paling bagus dan ditambah dukungan sorakan dari para siswa yang lain, diberikan cindera mata.

Pada orasi inti yang disajikan oleh Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Serang, Evan Himawan, diterangkan bahwa Kementerian Keuangan adalah organisasi yang cukup besar yang terdiri dari beberapa unit organisasi yang lebih kecil. Adapun unit eselon 1 yang berada di bawah Kementerian Keuangan antara lain: Direktorat Jenderal Anggaran, Pajak, Bea Cukai, Perbendaharaan, Kekayaan Negara, Perimbangan Keuangan, Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal, Inspektorat Jenderal. Ketika disebutkan KPPN Serang adalah bagian dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang tugas utamanya adalah menyalurkan dana APBN, para siswa menyambut dengan teriakan kencang. Selain itu tim juga menerangkan bahwa Kementerian Keuangan juga memiliki STAN atau yang sekarang dikenal dengan PKN STAN, yaitu sekolah kedinasan yang tidak dikenakan biaya bagi para siswa lulusan SMA/SMK yang lolos seleksi dengan cukup ketat.

Selain itu, Evan Himawan juga menerangkan tentang besarnya APBN yang dikelola pemerintah dan perannya yang sangat strategis dalam kebijakan fiskal dan membantu pertumbuhan ekonomi negara. Di sisi lain pemerintah masih melakukan pembiayaan dengan utang untuk memenuhi belanja negara secara keseluruhan.

Acara berlangsung kurang lebih 2 jam dan berjalan terasa singkat karena antusias para siswa dengan memberikan pertanyaan kepada tim KPPN. (smd)

Check Also

orner day 2017

Corner Day KPPN Serang 2017

Best free WordPress theme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *