Breaking News
Home / Peraturan / Surat / S-1436/WPB.11/KP.020/2017 Tanggal 01 Agustus 2017 Tata Cara Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai Pada Kementerian Negara/Lembaga

S-1436/WPB.11/KP.020/2017 Tanggal 01 Agustus 2017 Tata Cara Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai Pada Kementerian Negara/Lembaga

  •  Yth. Kepala Kantor/Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja
  •         Di Wilayah Kerja KPPN Serang

        Sehubungan dengan  Peraturan Menteri Keuangan  Nomor 80/PMK.05/2017 tanggal 19 Juni 2017 tentang Tata Cara Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai Pada Kementerian Negara / Lembaga, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.   Pembayaran tunjangan kinerja dilaksanakan berdasarkan alokasi dana yang tersedia pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) masing-masing Kementerian Negara/Lembaga.

2.   Pembayaran tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud pada angka 1 dilakukan dengan mekanisme pembayaran langsung ke Rekening Pegawai.

3.   Pengajuan SPM-LS pembayaran tunjangan kinerja langsung ke Rekening Pegawai ke KPPN wajib dilampiri dokumen sebagai berikut :

a.   Daftar nominatif pembayaran tunjangan kinerja (memuat nama pegawai, besaran tunjangan  kinerja, dan nomor rekening) yang ditandatangani oleh PPK.

b.   Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai yang ditandatangi PPK (terlampir).

c.   Surat Setoran Pajak Penghasilan Pasal 21.

4.   SPM-LS pembayaran tunjangan kinerja langsung ke Rekening Pegawai diterbitkan dengan memperhitungkan potongan pajak penghasilan.

5.   Dalam hal pembayaran tunjangan kinerja dengan mekanisme pembayaran langsung ke Rekening Pegawai tidak dapat dilakukan, tunjangan kinerja dapat dibayarkan melalui Bendahara Pengeluaran setelah mendapat persetujuan dari Kepala KPPN.

6.   Permintaan persetujuan pembayaran tunjangan kinerja pegawai melalui Rekening Bendahara Pengeluaran disampaikan melalui Surat Permintaan Persetujuan yang ditujukan kepada Kepala KPPN Serang dan ditandatangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran.

7.   Foto Copy Surat Persetujuan Pembayaran Tunjangan Kinerja melalui Rekening Bendahara Pengeluaran yang ditandatangani Kepala KPPN wajib dilampirkan pada setiap pengajuan SPM LS Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Negara/Lembaga  ke KPPN.

8.   Pengajuan SPM-LS pembayaran tunjangan kinerja melalui rekening Bendahara Pengeluaran ke KPPN wajib dilampiri :

a.   Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja yang memuat : kebutuhan pembayaran untuk seluruh pegawai yang berhak menerima tunjangan dan perhitungan kewajiban pajak.

b.   Surat Persetujuan Pembayaran Tunjangan Kinerja melalui Rekening Bendahara Pengeluaran yang ditandatangani Kepala KPPN.

9.   SPM-LS pembayaran tunjangan kinerja melalui Bendahara Pengeluaran diterbitkan tanpa potongan pajak penghasilan.

10.   Ketentuan lain terkait Penatausahaan dan Tata Cara Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai Pada Kementerian Negara/Lembaga  secara lebih lengkap agar mempedomani Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 80/PMK.05/2017 yang dapat diunduh pada pada website KPPN Serang www.kppnserang.com

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasama  diucapkan terima kasih.

Download S-1436/WPB.11/KP.020/2017 di sini Download PMK-80/PMK.05/2017 di sini

Check Also

S-857/WPB.11/KP.0103/2018 Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Bendahara Periode II Tahun 2018

Yth. KPA/Kepala Satuan Kerja Mitra Kerja KPPN Serang Terlampir Di tempat Sehubungan dengan Surat Direktur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *